Mengenal konsep open plan, menciptakan ruang tanpa dinding - www.desaininterior.co.id

Article

Latest news.

Mengenal konsep open plan, menciptakan ruang tanpa dinding

 

Konsep open plan merupakan konsep yang dapat membantu ruangan menjadi tampak lebih luas dengan cara tidak menggunakan batas-batas ruang seperti dinding maupun pintu. Desain dengan konsep open plan merupakan konsep yang sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah mungil. Namun, bukan berarti konsep open plan ini tidak cocok untuk digunakan pada ruangan dengan area luas. Ada beberapa cara berikut untuk mengaplikasikan konsep open plan pada rumah

Perubahan level pada lantai

Perubahan level pada lantai dapat menandai zona-zona tertentu dalam tata ruang yang terbuka dan dapat membantu menetapkan fungsi dari ruangan tersebut. Dengan beberapa anak tangga dapat menciptakan sebuah ruang berbeda dari ruangan yang sudah ada. Perubahan level ini juga mempertegas area yang lebih kecil dalam ruang yang lebih luas. Biasanya, perubahan level lantai yang lebih rendah dari ruangan sekitarnya digunakan sebagai area duduk untuk bersantai dengan suasana yang nyaman.

Variasi pencahayaan

Anda juga dapat bermain dengan pencahayaan untuk menciptakan kesan open plan. Misalnya, anda dapat meletakkan lampu gantung di atas ruang tamu terbuka anda. Selain mempertegas ruang, memberikan variasi pencahayaan juga dapat memberikan aksen tertentu dan dapat mempermanis ruangan.

Partisi/penyekat

Memberikan partisi untuk membedakan fungsi antar ruang dapat menjadi metode alternatif  yang paling efektif. Sebagai contoh, anda dapat meletakkan partisi di tengah ruangan makan dan ruang dapur, mislanya untuk mempertgas ruangan. Partisi atau penyekat yang digunakan pun tidak harus berupa partisi yang tertutup dan masif, anda apat menggunakan partisi yang ringan dengan bukaan.

Perbedaan material

Perbedaan material dapat anda aplikasikan pada dinding, plafon, maupaun lantai ruangan. Menggunakan variasi material ini akan menciptakan kontras pada ruang.

Author: