9 Pilihan Material Dinding Pelapis Dapur / Backsplash - www.desaininterior.co.id

Article

Latest news.

9 Pilihan Material Dinding Pelapis Dapur / Backsplash

Dinding Pelapis dapur atau yang biasa disebut dengan backsplash merupakan bagian dinding belakang yang rentan terhadap panas, percikan minyak, dan noda lainnya. Dinding backsplash ini merupakan salah satu elemen yang melengkapi keseluruhan desain dapur. Desain baksplash ini juga mampu memberikan suasana yang berbeda pada dapur. Berikut beberapa pilihan material yang dapat anda gunakan untuk dapur ruang hunian anda.

Dinding Keramik

Merupakan Material yang paling populer dipilih sebagai dinding backsplash dapur. Pemasangannya tidaklah sulit dan perawatannya pun mudah. Pilihan motifnya pun sangat beragam dan tersedia dalam berbagai bentuk serta ukuran. Selain itu, harganya juga terjangkau.

Dinding Mosaic

Untuk tampilan dinding backsplash yang lebih artsy, anda dapat memilih dinding mosaic. Selain itu, dinding mosaic ini juga memberikan kesan yang klasik pada dapur. Sekarang ini, dinding mosaic juga lebih bervariasi dalam hal bentuk, motif, dan warna. Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan dan selera anda.

Dinding Plat Stainless

Bagi anda yang menginginkan kesan clean pada dapur, anda dapat memilih dinding plat stainless sebagai dinding backsplash dapur anda. Dinding plat stainless tidak mempunyai garis nat layaknya dinding keramik, sehingga dinding akan lebih halus dan rapi. Selain itu, dinding plat stainless juga mudah dibersihkan. Namun, dinding plat ini perlu perhatian khusus agar terhindar dari zat yang dapat menyebabkan korosi.

Dinding Cermin

Dinding cermin cocok diaplikasikan untuk dapur mungil untuk memberikan kesan yang lapang. Dinding cermin mudah dibersihkan dan sederhana membuat dinding cermin cocok untuk gaya dapur yang minimalis dan modern.

Dinding Marmer dan Granit

Suasana dapur yang mewah dan elegan akan sangat terasa apabila menggunakan dinding backsplash marmer / granit. Selain dinding, biasanya marmer / granit juga diaplikasikan sebagai alas meja kerja dapur. Namun, hargany tidak murah dan material marmer / granit juga memiliki pori-pori sehingga apabila terkena noda disarankan untuk langsung dibersihkan agar tidak menyerap ke dalam dan menimbulkan noda permanen.

Dinding Kaca

Sama seperti cermin, karakteristik kaca yang mampu memantulkan objek ini juga dapat membuat ruangan yang sempit terasa lebih luas. Apabila anda menetapkan tema dapur minimalis, dinding backsplash kaca merupakan kombinasi yang baik. Selain itu, dapur juga akan tampak lebih modern. Namun, sebaiknya dinding kaca dibersihkan secara rutin agar kejernihannya tetap terjaga.

Dinding Batu Alam

Jika anda menginginkan kesan ruangan yang lebih natural, anda dapat menggunakan dinding backsplash batu alam. Batu alam tersedia dalam berbagai variasi warna dan ukuran. Saat ini juga banyak pabtik keramik yang mengeluarkan produk motif batu alam. Meski begitu, perawatan dinding batu alam perlu diperhatikan. Anda perlu mengecat dinding tersebut untuk mencegah lumut datang.

Dinding Kayu

Dinding kayu sangat cocok bagi ada yang menyukai kesan modern pada dapur. Jika anda memilih dinding kayu, pilih kayu yang memang dikhususkhan sebagai pelapis dinding. Sama seperti batu, kayu juga memerlukan perawatan khusus di awal, yaitu dengan mengecat kayu dengan cat yang mengandung enamel, sehingga kayu akan tahan lebih lama.

Dinding Bata

Dinding batu cocok untuk dapur dengan gaya industrial. Anda dapat menggunakan bata tempel atau bata yang diekspos. Selain dinding bata, anda juga dapat memilih dining beton yang unfinishied untuk dapur gaya industrial yang lebih lembut dan modern.

 

Author: