5 Tips Sederhana Merapikan Ruang Kerja Hunian - www.desaininterior.co.id

Article

Latest news.

5 Tips Sederhana Merapikan Ruang Kerja Hunian

Ruang kerja membutuhkan area kerja yang jelas, dan itu berarti ruang kerja membutuhkan ruang yang memadai untuk menyimpan perangkat-perangkat keras seperti komputer, area untuk referensi, menyimpan file dan area untuk persediaan perlengkapan dan peralatan yang menunjang pekerjaan. Pastikan ruang kerja tersebut cukup untuk bekerja secara nyaman dan juga sebagai tempat penyimpanan.

Furnitur Multifungsi dan Memadai

Gunakan meja kerja yang dapat menampung peralatan dan perlengkapan kantor secara rapi. Meja kerja membutuhkan area yang bersih dan rapi, sehingga setiap barang-barang yang menunjang pekerjaan dapat anda simpan di dalam meja kerja. Pastikan area penyimpanan dalam meja kerja cukup untuk menyimpan barang-barang kantor.

Bagi Ruang dan Zona Berdasarkan Aktivitas

Ruang kerja yang efisien dapat dikategorikan ke dalam tiga kegiatan:

-area kerja : mencakup ruang kerja yang jelas, komputer, dan peralatan kantor yang sering dipakai.

-area referensi : Area untuk menyimpan binder, kamus, buku-buku, dan bahan-bahan lainnya yang menunjang pekerjaan.

-area suplai : Area untuk penyediaan peralatan kantor seperti kertas.

Penempatan Perangkat dan Frekuensi Penggunaan

Posisikan peralatan kantor berdasarkan frekuensi penggunaan. Contohnya, jika anda menggunakan printer setiap hari, maka mesin printer harus ditempatkan di area yang mudah untuk dijangkau. Jika CPU komputer hanya diakses sesekali saja, maka tidak akan masalah bila ditempatkan di bawah atau di sebelah meja. Ada baiknya anda mengatur penempatan peralatan ini agar memudahkan anda dalam bekerja secara efisien.

Perhatikan Kabel

Perhatikan jalur kabel dan rapikan agar tidak menganggu area kerja. Kabel yang berserakan akan membuat ruang kerja menjadi berantakan dan tidak enak untuk dipandang. Labeli setiap kabel yang menghubungkan masing-masing perangkat untuk memudahkan anda saat menggunakan kabel. Anda dapat menggunakan cable organizer untuk anda yang ingin praktis dan cepat.

Memisahkan Area Pemrosesan Kertas Kerja

Pisahkan kertas ke dalam tiga area berikut :

-Sediakan area di sekitar meja kerja untuk file atau pekerjaan yang membutuhkan tindakan segera.

-Simpan kertas yang berkaitan dengan klien atau proyek yang sedang berlangsung dan simpan di area yang mudah untuk diakses.

-Buat sistem pengarsipan seperti rak/lemari untuk file-file yang dijadikan sebagai referensi pekerjaan.

Author: